TUJUAN TQC:
Tujuan TQC adalah untuk meningkatkan produktivitas dengan memperbesar profit dan mengurang break event point dari suatu perusahaan dengan tiga elemen tujuan yang relevan yaitu:
1. Pencapaian policy dan target secara efisien
2. Memperbaiki human relation dan moral
3. Mengembangkan kemampuan manusia TQC dapat berarti
1. BASIC MENTALITY yaitu:
A. TEAM WORK – partisipasi total
B. Peningkatan dan pertimbangan kualitas
C. Quality Control Maximizing yaitu:–
Control PDCA– Control proses melalui hasil– Jangan mengecewakan orang lain– Berpijak pada konsepsi ynag vital– Proses berikut merupakan pelanggan – Bicara dengan data– Tindakan perbaikan dan preventif– Pengendalian dimulai dengan tujuan kwantitatif–
Manajemen Policy–
Manajemen Aktivitas– Manajemen QCC3. Tools dan Organ:– Seven tools – Brain storming– OrganisasiDalam bab ini pembahasan difokuskan pada TQC sebagai basic mentality D. BICARA DENGAN DATA – Berbuatlah keputusan yang teliti– Hindarkanlah manipulasi data– Hindarkan opini– Hindarkanlah Ke TQC dapat berarti 1. BASIC MENTALITY yaitu:A. TEAM WORK – partisipasi totalB. Peningkatan dan pertimbangan kualitasC. Quality Control Maximizing yaitu:– Control PDCA– Control proses melalui hasil– Jangan mengecewakan orang lain– Berpijak pada konsepsi ynag vital– Proses berikut merupakan pelanggan – Bicara dengan data– Tindakan perbaikan dan preventif– Pengendalian dimulai dengan tujuan kwantitatif– Market in Concept– Adanya prosedur dan standart tertulis D. Hubungan atasan dan bawahan– Kolaborasi– Kerjasama – Evaluasi bersama– Pemecahan masalah bersama-sama2. Sistem managemen terdiri dari:– Manajemen Policy– Manajemen Aktivitas– Manajemen QCC3. Tools dan Organ:– Seven tools – Brain storming– OrganisasiDalam bab ini pembahasan difokuskan pada TQC sebagai basic mentality D. BICARA DENGAN DATA – Berbuatlah keputusan yang teliti– Hindarkanlah manipulasi data– Hindarkan opini– Hindarkanlah Ke A. PROSEDUR DAN STANDART TERTULIS – Hindarkan Devisiasi : – Tidak benar – Data tidak up to date– Jangan sampai terjadi interkonsistensi dalam pengambilan tindakan Termasuk di dalamnya : – penjelasan yang baik – Hasil dari setiap tindakan
PENCAPAIAN TUJUAN:– Pendelegasian wewenang– Hubungan antar tantangan dan respon
|
COUNTER ACTION:– Orientasi pemecahan masalah – Inisiatif dari bawahan dibantu bawahan dan diarahkan oleh manajer
|
GOAL SETTING:– Usulan dari manajer
– Usulan disertai partisipasi |
A
|
C
|
P
|
EVALUASI HASIL– Evaluasi terbuka
– Adil dan objective |
D
|
COORPORATE PHILOSOPHY 1. Bermanfaat bagi manusia bangsa dan negara (To be an asset of the nation)2. Pelayanan yang terbaik bagi pelanggan (best service to customer)3. Saling menghargai dan membina kerjasama (Respect for the individual and development of team work)4. Berusaha mencapai yang terbaik (Strive for excellent) MANAGEMENT SYSTEM: Managing the policies of the company through at all levels, from president director to each individual employee.Management system has 3 levels of activities according to the structure of the organization. SISTEM MANAGEMEN: Merupakan kegiatan pengaturan kebijakan perusahaan atau instansi, dengan jalan menggunakan siklus PDCA pada setiap level dari direktur utama kepada setiap karyawan.Sistem manajemem mempunyai tiga jenjang aktivitas tergantung pada struktur organisasi sebagai berikut: KEUNTUNGAN PELAKSANAAAN TQC: 1. BAGI KARYAWAN – Kemampuan dari setiap pribadi di dalam melihat dan mengenali permasalahan serta mencari alternatif pemecahannya.– Kemampuan berkomunikasi / berpartisipasi dalam kegiatan kelompok.– Membiasakan berpikir secara analitis dengan menggunakan teknik-teknik quality control– Peningkatan daya kreatifitas 2. BAGI PERUSAHAAN – Pengembangan perusahaan melalui akumulasi gagasan-gagasan perbaikan – Memperbaiki hubungan perusahaan dengan karyawan – Partisipasi semua karyawan di dalam mendukung tujuan TQC dapat dilihat dari:1. Basic Mentality : Ø Team workØ Total PartisipationØ Hubungan atasan dan bawahanØ Kesadaran akan kualitas